• OK Dental Clinic

GIGI ANAK BOLONG ? TIDAK PERLU KHAWATIR

Dear OK Parents,

Anak-anak memiliki kerentanan mengalami karies yang cukup tinggi. Kenapa begitu ?

Kebiasaan gosok gigi yang terkadang tidak menjangkau seluruh bagian gigi dan tentunya kebiasaan anak yang menyukai makanan manis membuat tingkat karies pada anak menjadi semakin tinggi.


Honestly, pencegahan terjadinya karies pada anak sebenarnya dapat dilakukan semenjak dini yaitu dengan rutin cek kondisi gigi setiap 3 bulan sekali, disaat cek tersebut dokter gigi akan memberikan edukasi tantang sikat gigi yang benar. Ini merupakan langkah mudah untuk anak, ibu maupun dokter gigi sendiri. Dan usaha preventif lain yang dapat kita lakukan ialah dengan memperkuat enamel gigi dengan fluoride (Topikal Flour Aplikasi) dan Sealant.



Flouride dapat memperkuat enamel gigi sehingga meminimalisir terjadinya kerusakan pada gigi, juga menguatkan gigi yang baru tumbuh. Penggunaan fluoride dapat dibagi menjadi dua, yaitu secara sistemik dan lokal. Penggunaan secara sistemik bisa berupa tablet, obat tetes, dan fluoridasi air minum. Sedangkan pemberian secara lokal dapat berupa penggunaan pasta gigi yang mengandung flour, obat kumur, dan topikal aplikasi flour.


Apa itu Topikal Flour ??

Topikal Flour Aplikasi adalah suatu pengulasan zat yang mengandung fluor pada seluruh permukaan gigi anak. Waktu topikal aplikasi dianjurkan setelah gigi susu anak-anak tumbuh lengkap dalam mulut, biasanya diusia 2,5 – 3 tahun. Sebaiknya pengulasan dilakukan sedini mungkin, pada saat gigi susu sudah mulai tumbuh. Pengulasan ini dilakukan setiap 6 bulan sekali selama masa pertumbuhan gigi anak-anak, sampai usia 12 tahun (gigi tetap sudah mulai tumbuh semua). Gigi susu penting untuk dipertahankan kesehatannya sebelum gigi tetap ada, jika tidak dirawat dengan baik bisa terjadi onklusi dan butuh perawatan orthodontic (kawat gigi).


Dan yang kedua sering dikeluhkan stelah karies adalah gigi berlubang.

Gigi geraham pertama tumbuh di belakang gigi geraham susu paling belakang, sekitar usia 6-8 tahun. Gigi geraham, dengan permukaannya yang berceruk adalah gigi & bagian permukaan gigi yang paling sering terkena karies. dan kita dapat memberikan tindakan Fissure sealants, yaitu perawatan penutupan (seal) ceruk di gigi geraham, sehingga gak ada lagi sisa makanan yg terjebak dalam ceruk gigi.

Tetapi ada yang harus diingat sealant harus dilakukan pada gigi yg sehat, so kita harus tetap menjalankan rutin kontrol ke dokter gigi terlebih dahulu.


Supaya lebih jelas fungsi Topikal Flour Aplikasi dan Sealent yuk simak gambar ini,


Yup jadi ini semua merupakan perawatan yang tepat, gampang, mudah dan murah A.K.A IDEAL untuk anak dear para OK parents.

Diklinik kami selain suasana homey, kami juga memiliki peralatan khusus untuk perawatan gigi anak ( pedodontic) dan juga dokter yang memiliki pendekatan baik dengan anak, setelah selesai dilakukan perawatan juga anak akan mendapatkan mainan menarik dari OK team, yuup sebagai reinforcement karna adik mau merawat gigi di klinik kami.

so, We waiting you at OK Dental Clinic :)



2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua